Sunday, November 18, 2012

Siangapore - KL - Malaka - Singapore . Part #1 (Preparation)

Hai guys (pake gaya bang Ikang Fawzi di iklan on kl**ik)....

Absen lama nih nulis di rumah kata ini, mohon dimaafkan!! hehe

Kemaren kebetulan gw baru balik dari petualangan 4 hari, 3 kota, 2 negara, 1 orang. dan mumpung masih inget gw bakal bercerita tentang trip gw 6-10 november.

Petualangan kemaren gw kembali menjadi sobek (solo bekpeker), yang membedakannya sama sobek2 gw sebelumnya kali ini untuk pertama kalinya gw ke luar negeri (beneran sebelumnya emang belom pernah ke luar. sekalinya ke luar langsung olangan), dan langsung menjajal 2 negara sekaligus. Singapur dan malaysia.
sekarang.. yuk simak dulu persiapan menuju kesana..

 Preparation

1.Passport
Preparation pertama sebelum berangkat tentu saja passport. Yaaa ga mungkin dong lo ke luar negeri cuma modal ktp, sim, npwp, atau kartu timezone.

2. Tiket
Yiiiihhhaaaaa seperti biasa, tiket go abroad ini pun disponsori aleh promo air asia. Maklumlaaah waktu mw beli garuda eh dy lagi nyari kacang buat dibikin kacang garuda. Jalur yang gw ambil pp CGK-CHA. Total biayanya dapet 698rebu. (masih mahal juga yak!)

3. Duit.

Duit yg dipake disana kan bukan rupiah, jadi gw nuker duit IDR ke SGD ama MYR, dan sebagai jaga2 gw juga nukerin IDR ke USD, karena kalo nuker duit pake rupiah jatohnya rugi (kata temen), tips buat lo yang mau nukerin duit, saran gw siih mending langsung ke money changer. Kalo lo ada di Bandung, rate yang bagus ada di golden money changer di deket kartika sari dago. Kalo kebelet beli di bank, belilah di BCA, ratenya lbh oke dari bank laen.

selain itu gw juga nuker IDR ke IDR, hehehe. Kalo ini siih gara2 gw belanja, jadi nuker 100rb jadi 35rb. haha. Tapi buat emang rupiah itu jangan ampe dilupakan kalo mw ke bandara. Kalo lo ga modal rupiah mw gimane lo bayar transport ke bandara, bayar semangkok baso, dan tentu saja bayar airport tax. senyuman termanis gw pun ga bakalan laku..



4. Penginapan
Untuk penginapan di singapur gw search di hotelworld.com dan setelah baca2 review dan failitas yang ada unutk di singapur gw pilih di footprints hostel, dipilih karena itu rekomendasi hostel world, trus lokasinya ada di antara bugis sama little india. Dan tentu sajaaaa, muraaah. Gw dapet yang harganya 96rebu satu malem dengan tipe dorm 10 mix basic. Dan karena booking via internet, jadi kena charge US$ 2. No problemo deeh.

kalo penginapan di malaysia, gw percayakan pada couchsurfing.org ... dan mendapatkan seorang host yg asik.. gimana dy.. ntar gw bahas pas cerita di kuala lumpur.

5. Itenerary
Untuk perjalanan ini rute yang gw ambil adalah singapur-KL-malaka-singapur. Strategi pertama gw adalah ketika gw nyampe di singapore, gw langsung cabut ke KL, nginep sehari di KL, lanjut besoknya trip sehari di malaka, dan lanjut pulang ke singapur buat spend 2 days there. Tapi beberapa kawan menyarankan kalo mw ke malaka bagusnya weekend, soalnya jonker night market disana lebih rame kalo weeken. Oleh karena itu gw ubah jadwal gw, jadi ketika nyampe singapur gw jalan2 dulu disana sehari.

Itu doang persiapan sobek gw???.... ga jugalaaaah, persiapan penting lainnya yaa jaga fisik biar tahan banting pas diajak jalan2 dan bawa gembolan 40L. Persiapan fisiknya gw jogging (Cuma sekali), minum vitamin (vitamin mata), dan tidur yang cukup (5 jam sehari). Hahaha.. kalo persiapan fisik masih kurang (kaya gw), persiapan laen yang ga kalah penting itu doa. berdoa biar ga diculik.. : /..



No comments: