Tuesday, January 24, 2012

Dibalik sebuah ikan.. eh, ikhsan,, eeh IKLAAANN!!!

Apa sih yang lo benci ketika lagi nonton tipi???.. apakah tiba2 mati lampu?,, Atau tiba2 disuruh goyang tori2 ama bokap??,, Atau tiba2 ada break iklan pas lagi adegan *****?? Hahaha.

kayaknya jawaban 1 & 2 jarang banget kejadian, jd lo pasti setuju kan kalo gw bilang ”iklan”!!

Yaiyalaah, ibarat kata nih (ceileeeh gaya bahasa anak muda masa kini) iklan tuh udah kaya setangkai bunga bangke di kebun anggrek., atau kaya mpok nori dipagelaran miss universe. Pokoknya udah kaya makhluk menakutkan dalam dunia pertelevisian. Walopun iklan yang menampilkan hantu dikit, tapi itulah kenyataannya. Lo pasti sering banget kalo di tv lagi nampilin iklan, lo malah pindah channel ke program yang ga lagi nampilin iklan. Iya kan? Ayo ngaku,.. gw ga bakal bilang siapa2 koq.. Suer ^_^v (emangnya ngaku ke hakim ape).

Tapi kalo lo mau sedikit meluangkan waktu buat menikmati wanginya bunga bangke, atau kecantikan mpok nori tadi lo bakal menemukan keseruan dalam bentuk laen.

Jadi sekarang gw bakal dikit bahas tentang iklan.lan.lan.. hehehe..

Biar lebih gampang dicerna gw ngebagi iklan itu menurut 4 jenis. Jenis apakah itu?? Yang pasti bukan jenis banci. Haha,, so check it out bro:

• Iklan jingle

Kalo iklan jenis ini iklan yang pake nyanyi.. bukan pake soundtrack kaya mijon, bukan.. tapi jingle yang diciptain khusus buat itu iklan..

Lo tau kan lagu yang dinyanyiin seorang cowo dengan settingan di kereta? Apa kaga tau!! Yg liriknya kaya gini loh...

“Will you remember me the way
I remember you, will you be the same
The last time I saw you, you are the sweetest
Every moment with you is the sweetest one”
The Sweetest Memory

Dah inget kan sekarang. Orang2 keren pasti tau dong itu iklan apaan.. apa coba hayo?? Apa? Fitri tropica? No no no.. itu iklan tropicana slim cuy. :D

Daan iklan nyanyi ini dengan suksesnya bikin gw nyanyi setiap kali iklannya nongol (emangnya bisul nongol) di tipi. Yang itu artinya adalah jeng.jeng.jeng., iklannya ngena dan gw jadi inget terus ama itu produk.
• Iklan bersambung

Jenis iklan ini udah ga bisa dibedain lagi kaya sinetron. Mulai dari pemerannya, adegannya, percintaannya, konfliknya, dll.. yang ngebedain Cuma dari durasinya ajah. Dan disinilah kerennya sang kreatif iklan, kakek-kakek kayang sambil nyanyi cucarowo juga tau kalo sinetron di indonesia tuh paling laris, dan mereka ga mau kalah menampilkan iklan yang mirip sinetron..
Contoh dari iklan ini yaaa.. pond’s flawless white, yang nyeritain tentang sepasang kekasih yang sempet berpisah, terus ketemu lagi setelah 5 tahun tapi si cowonya malah ngasih undangan pernikahan yg tinggal seminggu lagi ke si cewe. Demi mendapatkan cowo itu lagi, si cewe pake itu pond’s biar wajahnya berseri kaya batu ali, dan endingnya,, lo pasti dah tau sendiri gimana. :D.

Ini dia si Iklan sinetron
Hasilnya seperti yg diramal ama kakek-kakek kayang tadi, iklan kelanjutannya ditunggu2 dan produknya pun semakin nempel di otak masyarakat.


• Iklan sosial

Kalo iklan sosial yg gw maksud disini tuh iklan yg nyindir tentang perilaku masyarakat indonesia. Kebanyakan yang menampilkan iklan ini tuh produk rokok. paling keren dan konsisten dijalur ini adalah a mild, mulai dari bukan basa-basi, tanya kenapa, dan yg terakhir go ahead, salah satu produsen, tak ketinggalan juga ada produk rokok lainnya yaitu L.A. Light dengan brandnya enjoy aja..

Tagline yang ditampilkan oleh produsen rokok ini banyak yang menyentil bahkan menonjok perilaku masyarakat. Yuk ah langsung disimak.

• Kalo yang laen telat, kenapa gw harus on time??
• Yang lebih muda, yang ga dipercaya.
• Kalo cinta itu buta, kenapa harus pake bikini?
• Jangan tunda ampe besok apa yang bisa dikerjain lusa
• Kalau dia bilang kaya, coba tanya hasil kerja keras siapa


mudah-mudahan ada yang kesinggung ya!!

• Iklan garing

Yang termasuk iklan garing itu kalo lo lagi asik nonton itu iklan daan diakhir adegannya lo bagaikan ditotok sama Bibi Lung dengan mulut nganga segede gua hiro tanpa bisa ngedipin mata kaya Barney Stinson di how i met your mother.

Contoh dari iklan garing itu ada si teh botol sosro. Lo masih inget kan gimana ada ibu2 curhat sambil ngomong “makan hati, makan hatiiiiiii!!!!” eh si ibu yang atunya malah ngeloyor ninggalin yang lagi curhat *ini si ibu yg ngeloyor tega banget daah*. Eeh ternyata die bawa teh botol sosro terus muncul tagline “apapun makanannya, minumnya teh botol sosro”. Pertama gw liat tuh iklan langsung gw nganganganganganganga.
Contoh lain gak lain dan ga bukan adalah iklan si permen mintz. “ini pensil *tuing lgs ngeliatin pensil*, ini permen mintz, daripada makan pensil, mending makan permen mintz. Iklannya GARING??.. biarin. Yg penting mintz”.. What the hell was that!! si naratornya pun udah bilang ni garing, apalagi lo yg liatnya,. Ga Cuma disini. Si permen mintz juga ngeluarin baligo yang garing banget gini niih tulisannya “daripada baca tulisan ini, mending makan permin mintz”.....

Iklan gak penting niiih...
 Tapi jangan salah loh, dengan nganga itulah produk iklan itu lama banget nempel di otak para pemirsanya, termasuk gw.


Dan sekianlaah jenis2 iklan menurut otak brilian Albert kahstein (kahfi Einstein). Ini sebuah opini, dan berhubung opini itu kaga dilarang makanya gw posting.

Kalo lo punya pendapat yang lebih cadas, langsung ajah dishare disini aje bro, yang paling bagus, dapet doa di solat tahajud gw (hadiah paling keren yang bakal lo dapet)..

Keep smile :D & enjoy your life



2 comments:

Anonymous said...

haha, iya dulu suka sebel klo iklan lwt, apalagi pas filmnya lagi seru2nya..
tp berhubung skrng jrng liat tipi, jadi udah aga lupa gimana sebelnya :p

klo diinget2, iklan yg disuka itu yg "live is an adventure" hehe

ah, mending nntn discovery channel sama hbo, ini channel fav klo lagi nongkrong dikosan temen yg punya tipi kabel.. hbo filmny ok ok pisun, film bioskop semua dan discovery channel selalu bikin nambah pengetahuan baru.. dan yg terpenting, kedua channel ini sangat amat dikit banget iklannya, selama acara ga terganggu iklan pokokke, pas acaranya dh selese br iklan, itu jg bentar :)

Unknown said...

keren ya!! rasanya sebel aja bisa lupa..
hahaha.. saluuttt!!!

itu suka sama kata2nya, modelnya atau konsep iklannya ?

woops.
jaman ngekos aja udah pake tv kabel ya!!
mantap jayaa..